Uncategorized

6 Jenis Buah dengan Kandungan Serat yang Lebih Tinggi Dibanding Buah Lain

Makanjalan.com – Buah dan sayur merupakan sumber serat utama untuk kebutuhan kita sehari-hari. Serat sangat penting untuk kesehatan sistem pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Terdapat dua jenis serat yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat larut akan mudah dicerna di dalam tubuh namun serat tidak larut akan tetap utuh sampai serat tersebut dikeluarkan dari dalam tubuh.

Kedua jenis serat tersebut mampu mengurangi dan mencegah resiko stroke, hipertensi, dan penyakit jantung. Manfaat ini bisa kita peroleh dengan konsumsi sejumlah buah dan sayur.

Tingginya kandungan serat dari sebuah buah bisa memberi manfaat maksimal bagi tubuh. Berikut sejumlah buah yang memiliki kandungan serat lebih tinggi dibanding buah lain.

Baca juga : 5 Makanan yang Bisa Membantu Menghilangkan Kram Otot

Apel

Apel merupakan buah yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Sumber serat buah apel ternyata tidak hanya di daging buahnya saja, namun juga di kulitnya. Kandungan serat dari apel ini cukup tinggi dibanding dengan buah lain.

Berri-berrian

Buah beri terutama raspberry dan blueberry merupakan sumber serat dengan jumlah tinggi. Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, buah-buahan jenis ini juga memiliki kandungan kalori yang rendah.

Pisang

Pisang juga merupakan sumber serat yang baik ddan dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Manfaat lain yang bisa diperoleh dari pisang adalah untuk meningkatkan energi di dalam tubuh.

Pir

Buah lain yang memiliki kandungan tinggi serat dan sehat adalah pir. Kandungan serat di dalamnya selain dapat menyehatkan pencernaan, juga mampu membuat kamu merasa cepat kenyang.

Alpukat

Alpukat merupakan buah sehat yang memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh. Buah ini tidak hanya mengandung vitamin dan asam lemak, namun juga kandungan serat yang tinggi.

Baca juga : 5 Makanan Manis Tanpa Takut Kelebihan Gula

Jeruk

Tidak hanya sebagai sumber vitamin C, jeruk juga kaya dengan serat. Serat yang dikandung jeruk baik untuk menghindarkan kamu dari penyakit sembelit.

Konsumsi buah dengan kandungan serat yang tinggi bisa sangat bermanfaat untuk kesehatanmu. Hal ini juga bisa membuatmu terhindar dari sejumlah masalah kesehatan yang mengancam.