Uncategorized

6 Makanan dan Minuman yang Bisa Memperburuk Gejala Diare

Makanjalan.com – Diare merupakan masalah yang rentan dialami oleh hampir semua orang. Terdapat berbagai faktor yang bisa menyebabkan munculnya masalah pencernaan ini.

Diare bisa disebabkan berbagai hal, mulai dari salah makan hingga mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak bersih. Meski relatif tidak berbahaya, diare bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kondisi diare yang dialami oleh seseorang ini tentu sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Hal ini juga membuatmu pantang mengonsumsi sejumlah makanan dan minuman tertentu.

Ketika diare melanda, terdapat sejumlah makanan yang disarankan untuk dihindari. Dilansir dari Boldsky, berikut sejumlah makanan dan minuman yang justru bisa memperburuk masalah pencernaan yang kamu alami.

Baca juga : 5 Cara Mudah dan Sederhana untuk Menjaga Pola Makan Sehat

Kafein

Kafein merupakan minuman yang pantang dikonsumsi pada saat diare. Pasalnya, konsumsi minuman ini membuat sistem pencernaan kesulitan untuk mencerna makanan yang kamu konsumsi dengan baik karena kontraksi mendadak dari usus.

Hal ini membuat makanan jadi bergerak lebih cepat di dalam pencernaan dibanding biasanya. Kandungan asam pada minuman ini juga bisa memperburuk gejala diare.

Alkohol

Terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol juga bisa membuat diare memburuk. Pasalnya, alkohol bisa menyebabkan iritasi usus dan menurunkan kemampuannya untuk menyerap air.

Makanan Pedas

Makanan pedas bisa dengan mudah menyebabkan iritasi lapisan dalam perut dan usus yang kemudian menyebabkan makanan bergerak dengan cepat sehingga membuat diare jadi lebih parah. Selain makanan pedas, hindari makanan kaya rempah-rempah yang bisa menimbulkan sensasi terbakar di usus.

Kubis atau Kembang Kol

Sayuran seperti kubis atau kembang kol bisa menyebabkan akumulasi gas di saluran pencernaan. Hal ini bisa memperburuk gejala diare yang kamu alami serta membuatmu lebih sering buang angin.

Produk Olahan Susu

Produk olahan susu seperti mentega, keju, atau krim tidaklah cocok dikonsumsi saat kamu sedang diare. Pasalnya, enzim laktase yang ada di dalam susu bisa semakin memperburuk pencernaan serta menyebabkan kandungan gas di perut semakin banyak sehingga perut kembung.

Baca juga : Hidangan Khas Lebaran, Berikut Deretan Manfaat dari Rebung

Makanan Berpemanis Buatan

Makanan bebas gula dengan pemanis buatan juga wajib dihindari saat kamu diare. Pasalnya, zat pemanis yang menjadi pengganti gula alami yang disebut dengan lycasin bersifat pencahar di perut. Makanan ini juga berkontribusi menciptakan pembentukan gas dan kembung yang membuatmu diare.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut sebaiknya dihindari pada saat diare. Konsumsi makanan resebut bisa menyebabkan masalah pencernaan yang kamu alami semakin parah.