Uncategorized

7 Manfaat Konsumsi Telur untuk Sarapan

Makanjalan.com – Telur merupakan bahan makanan yang bergizi dan mudah didapatkan. Bahan makanan ini bisa Anda olah menjadi berbagai menu makanan lezat, seperti telur mata sapi, telur dadar, telur rebus, atau Anda masukkan ke dalam gulai.

Telur bukanlah jenis makanan biasa, karena dengan mengonsumsi telur bisa membuat Anda kenyang lebih lama dan juga mendapatkan tambahan stamina. Itulah kenapa, mengonsumsi telur merupakan pilihan yang sangat baik bagi Anda untuk memulai aktivitas.

Berikut ini, dilansir dari Keck Medicine, beberapa manfaat konsumsi telur untuk sarapan.

Memiliki Banyak Kandungan Gizi

Meskipun ukurannya kecil, telur mengandung banyak nutrisi dan dapat menjadi makanan yang sehat untuk sarapan. Satu telur rebus memiliki sekitar 77 kalori dan mengandung nutrisi seperti:

  • Vitamin A, B5, B12, D, E, K, B6
  • Folat
  • Fosfor
  • Selenium
  • Kalsium
  • Seng
  • Enam gram protein
  • Lima gram lemak sehat

Baik bagian putih atau pun kuning telur, keduanya merupakan sumber protein yang baik. Ditambah, telur juga memiliki kandungan lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung.

Baca juga : Mengenal Galendo, Camilan dari Ampas Minyak Kelapa Asal Ciamis yang Unik

Menjaga Penglihatan Anda

Manfaat konsumsi telur yang kedua yaitu dapat menjaga kesehatan penglihatan Anda. Seiring dengan bertambahnya usia, mata perlu mendapat perhatian yang lebih baik. Salah satu cara untuk menjaga penglihatan kita tetap sehat adalah dengan mengonsumsi telur.

Kuning telur mengandung sejumlah besar lutein dan zeaxanthin, yaitu antioksidan yang membantu mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula di mata. Telur juga tinggi vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

Kandungan Kolin

Manfaat konsumsi telur yang ketiga yaitu adanya kandungan kolin yang bisa Anda dapatkan. Kolin adalah vitamin yang larut dalam air dan sering dikelompokkan bersama vitamin B.

Kolin berguna untuk membangun membran sel dan membantu menghasilkan molekul pensinyalan di otak. Satu telur rebus mengandung sekitar 147 mg kolin, yang berarti telur telah menyediakan 27% kandungan kolin dari nilai harian yang direkomendasikan.

Memenuhi Asupan Protein dan Asam Amino

Manfaat konsumsi telur yang keempat yaitu dapat memenuhi asupan protein dan asam amino. Mendapatkan cukup protein dalam tubuh adalah cara penting untuk membantu tubuh tetap sehat.

Setiap telur mengandung sekitar enam gram protein serta asam amino yang bermanfaat. Dengan memenuhi asupan protein yang cukup dapat membantu mengontrol berat badan, meningkatkan massa otot, menurunkan tekanan darah, dan menjaga tulang kita.

Penyedia Asupan Omega-3

Manfaat konsumsi telur yang kelima yaitu sebagai penyedia asupan Omega-3. Omega-3 dapat membantu mengurangi trigliserida, yang merupakan jenis lemak lipid yang ada di dalam darah.

Itulah sebabnya mengonsumsi telur ketika sarapan bisa menjadi pilihan yang baik, terutama jika Anda tidak banyak mengonsumsi makanan lain yang kaya akan Omega-3, seperti ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Meningkatkan Kolesterol Baik

Manfaat konsumsi telur yang berikutnya adalah dapat meningkatkan tingkat kolesterol baik. Mengonsumsi telur menyebabkan peningkatan kadar high-density lipoprotein (HDL), yang juga dikenal sebagai kolesterol “baik”.

Orang yang memiliki kadar HDL yang tinggi memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya. Menurut sebuah penelitian, makan dua telur sehari selama enam minggu dinilai dapat meningkatkan kadar HDL sebesar 10%.

Baca juga : 5 Manfaat Coklat Panas bagi Tubuh

Kenyang Lebih Lama

Manfaat konsumsi telur yang terakhir adalah dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Anda mungkin pernah memperhatikan bahwa setelah mengonsumsi telur untuk sarapan, dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Hal ini dikaitkan dengan kandungan protein yang tinggi pada telur. Baik itu telur dadar atau telur rebus ketika sarapan atau camilan, telur selalu bisa membantu Anda merasa kenyang setelah mengonsumsinya.