Uncategorized

Berbagai Nama Kuliner Indonesia Yang Tidak Masuk Akal Sehat

Makanjalan.com – Indonesia dikenal dengan surganya kuliner. Berbagai macam kuliner mudah dijumpai, mulai dari harga murah hingga harga yang sangat mahal. Selain itu, Indonesia juga memiliki kuliner dengan berbagai nama unik. Nama unik tersebut yang membuat orang penasaran, sehingga ramai dikunjungi pembeli. Tahukah Anda apa saja yang termasuk kuliner Indonesia dengan nama unik? Pernahkah Anda mencoba salah satunya? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

  1. Nasi Kentut

Apa yang terlintas di pikiran anda ketika mendengar kata Nasi Kentut? Apakah anda membayangkan aroma Kentut? Namanya yang unik ini membuat orang-orang tertarik untuk mencobanya. Nasi Kentut merupakan salah satu kuliner Indonesia dengan nama unik.

Dikatakan nasi kentut bukan berarti aromanya seperti kentut, akan tetapi makanan ini diolah dengan menggunakan daun kentut. Kuliner ini berasal dari Medan, Sumatra Utara. Nasi Kentut ini cocok dinikmati oleh berbagai kalangan. Mulai dari yang muda hingga yang tua dapat mencobanya. Biasanya, Nasi Kentut dijual dengan harga Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- per porsi.

  1. Sate Lalat

Sate Lalat merupakan salah satu kuliner Indonesia dengan nama unik. Apa yang Anda pikirkan saat mendengar nama kuliner yang satu ini? Terbuat dari lalat? Tentu tidak. Bahan dasar sate ini adalah daging ayam bahkan ada juga yang menggunakan daging kambing atau sapi.

Masih bingung kenapa kuliner yang satu ini di sebut Sate Lalat? Karena daging ayam, kambing atau sapi yang digunakan dipotong sangat kecil menyerupai bentuk lalat. Bentuknya yang unik ini yang membuatnya disebut Sate Lalat. Kuliner ini merupakan kuliner khas Madura. Untuk menikmati satu porsi Sate Lalat, Anda cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp 10.000,-. Anda wajib mencoba kuliner ini ketika berkunjung ke Madura.

  1. Kerupuk Melarat

Mendengar namanya, Anda pasti bingung dan penasaran kenapa dinamakan Kerupuk Melarat. Kuliner Indonesia dengan nama unik yang satu ini memang selalu membuat orang bingung dan penasaran.

Kerupuk ini merupakan salah satu makanan khas Cirebon. Disebut kerupuk melarat karena proses masaknya dengan digoreng tetapi tidak menggunakan minyak, melainkan menggunakan pasir panas yang sudah bersih. Kerupuk ini terbuat dari tepung tapioka. Harga kerupuk melarat juga sangat terjangkau yakni berkisar Rp 15.000,- per bungkus.

Baca juga : Makanan-Makanan Italy Yang Terkenal Nikmatnya

  1. Kue Tertawa

Kuliner Indonesia dengan nama unik selanjutnya adalah Kue Tertawa. Bingung kenapa disebut kue tertawa? Bukan berarti kue ini dapat membuat orang tertawa setelah meihatnya, tetapi bentuk kue yang agak terbuka layaknya orang sedang tertawa.

Kuliner ini merupakan salah satu makanan khas Medan. Kue ini sangat diminati pembeli, karena terasa lebih padat dan berisi. Kue Tertawa merupakan roti yang berisi kacang hijau disertai dengan balutan wijen yang memuhi permukaan kue. Anda dapat menikmati kelezatan kue ini dengan harga yang cukup terjangkau. Jika Anda datang ke Medan, sayang rasanya jika tidak membawa pulang Kue Tertawa.

  1. Nasi Kucing

Pernahkah Anda mendengar nama Nasi Kucing? Kuliner Indonesia dengan nama unik yang satu ini mudah ditemui di Yogyakarta. Mungkin beberapa orang mengartikan nasi kucing adalah nasi untuk kucing, tapi artinya tidak begitu ya. Nasi kucing merupakan makanan yang terdiri atas nasi dan beragam lauk pauk. Nasi ini biasanya dibungkus menggunakan daun pisang dan kertas nasi.

Lalu mengapa disebut nasi kucing? Karena jumlah porsinya yang sedikit seperti makanan kucing. Dari situlah nama nasi kucing muncul. Nasi kucing juga biasa disebut sego kucing. Jika anda ingin menikmati nasi kucing, cukup dengan membayar sekitar Rp 5000,- saja per porsinya. Anda wajib mencoba jika sedang bekunjung ke Yogyakarta.

  1. Kuku Macan

Kuliner Indonesia dengan nama unik selanjutnya adalah Kuku Macan. Disebut kuku macan bukan karena terbuat dari kuku macan yang sesungguhnya, akan tetapi terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan ikan tenggiri. Bisa dibayangkan betapa lezatnya camilan yang satu ini. Rasa ikan tenggiri yang begitu khas membuat anda semakin tertarik.

Kuku macan juga biasa disebut kerupuk amplang. Camilan ini merupakan salah satu camilan khas Kalimantan. Harga satu bungkus kuku macan bisa dibilang cukup mahal jika dibanding dengan camilan lainnya. Jika anda berkunjung ke Kalimantan, kuku macan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

  1. Sate Kere

Pernah mencoba lezatnya kuliner Sate Kere? Salah satu kuliner Indonesia dengan nama unik ini banyak diminati sebagai hidangan makan berat lho. Kere memiliki arti miskin dalam Bahasa Jawa. Hal itu juga menunjukkan bahwa isian sate pada kuliner Sate Kere dibuat dengan harga bahan yang terjangkau.

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat Sate Kere sangat beragam. Ada yang menggunakan lemak sapi, jeroan, hingga tempe yang dipotong dadu. Lezatnya bumbu khas Sate Kere juga membuat banyak orang ketagihan. Harga satu porsi sate kere tidaklah mahal, hanya berkisar Rp 10.000,- saja.

  1. Kue Tai Kucing

Terdengar jorok atau menjijikan? Kue yang satu ini memang memiliki nama yang unik dan agak jorok. Kuliner ini termasuk kuliner Indonesia dengan nama unik. Meskipun namanya tai kucing, akan tetapi rasanya tidak kalah enak dari kue-kue lain. Rasanya yang manis dan bau nya yang harum membuat semua orang ketagihan.

Diberi nama tai kucing bukan karena terbuat dari tai kucing sebenarnya, akan tetapi karena bentuknya yang bulat memanjang menyerupai tai kucing. Kue ini berbahan dasar tepung tapioka, telur ayam, garam, keju dan lain-lain. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal jika ingin membeli kue ini, harganya cukup terjangkau. Kue ini banyak di temukan di Jawa Timur. Kue tai kucing sering dijadikan suguhan ketika lebaran.

Baca juga : 7 Restoran Steak di Surabaya yang Bikin Kelepek-Kelepek

  1. Kuping Gajah

Tahukah Anda apa itu keripik kuping gajah? Namanya unik bukan? Kue ini termasuk salah satu kuliner Indonesia dengan nama unik. Nama kuping gajah berasal dari Bahasa jawa yaitu kuping yang memiliki arti telinga. Kue kuping gajah bukan berarti terbuat dari telinga gajah yang sebenarnya, akan tetapi bentuk kue ini yang bulat dan sedikit lebar menyerupai telinga gajah.

Kue kuping gajah mudah ditemukan dan mudah dibuat karena bahan-bahannya mudah ditemui. Kue ini juga cocok menjadi hidangan di meja tamu saat lebaran. Berbagai varian rasa mulai dari vanilla, coklat hingga moka, membuat penikmat camilan semakin menyukainya. Rasanya yang manis, gurih, dan renyah mejadi perpaduan rasa yang pas untuk dimakan bersama keluarga. Harga kue gajah juga cukup terjangkau untuk semua kalangan.

  1. Es Dawet Jembut Kecabut

Mendengar kata es dawet mungkin Anda tidak asing lagi, tetapi kata ‘jembut kecabut’ mungkin terdengar jorok. Minuman ini termasuk salah satu kuliner Indonesia dengan nama unik. Namanya yang unik membuat para pengunjung rela datang dari jauh dan mengantri lama demi menikmati segarnya es dawet ini.

Lokasi yang dekat dengan Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah membuat penjual terinspirasi untuk membuat nama es dawet ini. Es  dawet jembut kecabut berasal dari singkatan Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh. Rasanya yang sangat segar, manis dan nikmat membuat pengunjung semakin ketagihan. Jika Anda berkunjung ke Purworejo, jangan lupa mampir ke Es Dawet Jembut Kecabut.