Uncategorized

Makanan-Makanan Italy Yang Terkenal Nikmatnya

Makanjalan.com – Italia adalah salah satu Negara yang berhasil dalam bidang kuliner, ada banyak kuliner dari Italia yang memiliki kualitas yang tinggi dan diakui oleh dunia sehingga makanan Italia sering kali dikaitkan dengan jenis makanan yang harganya mahal dan berkualitas bintang lima. Apakah Anda sendiri merupakan penikmat makanan italia? Jika demikian Anda tentunya harus tahu makanan italia yang terkenal paling enak di seluruh dunia.

  1. Gnocchi

Ini adalah salah satu makanan italia yang menjadi favorit banyak orang dan sering kali ada di berbagai restoran Italia yang ada di seluruh dunia. Sebenarnya gnocchi ini merupakan jenis pangsit yang terbuat dari tepung yang dibuat dengan berbagai rasa dan juga gaya. Ada gnocchi yang berisi daging dan ada juga gnocchi yang dibuat secara khusus untuk para vegetarian yang tentunya sama sekali tidak mengandung daging di dalamnya. Apakah Anda sudah pernah mencoba makanan italia yang satu ini? Anda bisa menikmatinya menggunakan saus dan keju agar lebih lezat.

  1. Ravioli

Anda mungkin juga sudah pernah mendengar nama makanan italia yang satu ini. Ravioli awalnya merupakan makanan italia yang mulai berkembang dan terkenal pada masa romawi. Makanan ini dibuat dari bahan bayam dan juga ricotta. Menu makanan italia ini sangat cocok untuk Anda yang vegetarian dan tidak suka makan daging. Ravioli biasanya disajikan dengan porsi yang kecil sehingga jika Anda ingin merasa kenyang saat menyantap ravioli Anda bisa memakan 2 hingga 3 porsi sekaligus.

  1. Pasta Carbonara

Saat ini makanan italia bernama pasta carbonara ini tidak hanya bisa dipesan di restoran khusus masakan Italia saja, namun hampir semua restoran saat ini juga menyajikan pasta carbonara. Karena biasanya disajikan dalam porsi yang tidak terlalu besar, maka sering kali pasta carbonara ini juga disajikan pada beberapa café yang menjual makanan ringan. Ciri khas dari pasta carbonara adalah krim kentalnya yang membuat rasa pasta tersebut menjadi berbeda. Jika Anda berkesempatan untuk datang ke Italia maka sebaiknya mencobanya secara langsung dari resepnya yang asli, karena kelezatannya sangat berbeda. Kebanyakan pasta carbonara yang dijual di luar italia sudah mengalami modifikasi.

Baca juga : 7 Restoran Steak di Surabaya yang Bikin Kelepek-Kelepek

  1. Tiramisu

Ternyata kue yang satu ini juga merupakan kue khas dari Italia. Tiramisu disajikan sebagai makanan yang merupakan perpaduan antara kue dan juga krim. Ada restoran-restoran Italia yang juga menyajikan tiramisu sebagai makanan penutup yang dimakan bersamaan dengan es krim di dalam gelas dengan lapisan kue tiramisu di bawahnya. Biasanya rasa tiramisu merupakan perpaduan rasa dari kopi dan coklat yang dipadukan dengan krim vanilla yang lembut. Dengan rasanya yang manis dan sedikit pahit menjadikan makanan italia ini menjadi favorit di seluruh dunia.

  1. Gelato

Gelato sudah dikenal di hampir seluruh dunia, merupakan es krim khas Italia yang memiliki tekstur yang lebih padat dan lebih lezat dibandingkan dengan es krim biasa. Ada banyak gerai gelato yang sekarang ini dibuka di berbagai tempat menyajikan es krim gelato dengan berbagai rasa. Proses pembuatan bebas lemak hewani dan tentunya memiliki rasa yang beragam yang sangat lezat. Hampir semua orang tentunya menyukai es krim maka dari itu Anda juga pasti juga akan menyukai gelato ini.

  1. Pizza Margherita

Pizza memang dikenal sebagai salah satu makanan italia yang sangat terkenal dan bisa ditemukan hampir di seluruh dunia. Bahkan karena begitu dicintai maka pizza sering kali dibuat oleh industri rumahan dengan resep yang dimodifikasi sesuai dengan selera. Pizza Margherita ini merupakan makanan italia yang sederhana dan sudah mendarah daging di Italia, bahkan setiap keluarga di Italia memiliki resep pizza margheritanya sendiri dengan perpaduan saus yang dibuat dengan selera masing-masing kokinya.

  1. Spaghetti Saus Tomat

Anda tentunya mengenal dengan baik tentang makanan italia yang sangat khas ini bukan? Spaghetti juga merupakan salah satu makanan italia yang sangat dapat diterima oleh lidah seluruh masyarakat dunia, hingga bahkan makanan ini dibuat menjadi makanan siap saji dalam kemasan yang dijual di berbagai supermarket untuk mempermudah para penikmat spaghetti untuk membuat spaghettinya sendiri di rumah. Spaghetti yang paling terkenal di Italia adalah spaghetti saus tomat.

Baca juga : Kuliner Sang Warrior Bangsa Viking, Islandia

  1. Linguine Alle Vongole

Linguine adalah sejenis pasta yang merupakan makanan italia yang juga sama terkenalnya dengan spaghetti. Masyarakat Italia nampaknya memang sangat menikmati semua makanan yang terbuat dari pasta yang disantap bersamaan dengan saus dan krim. Linguine ini juga penampakannya hampir mirip dengan fettucini. Jenis linguine yang paling terkenal di kalangan pecinta makanan italia adalah Linguine Alle Vongole. Vongole sendiri adalah saus yang terbuat dari campuran kerang dan bahan lainnya yang membuat rasanya menjadi sangat khas dan lezat. Namun linguine belum menjadi makanan italia yang umum seperti halnya spaghetti fettucini.

  1. Lasagna

Makanan yang terbuat dari tepung dan campuran isian lainnya ini menjadi semakin terkenal saat serial kucing Garfield yang menjadikan menu makanan italia ini sebagai masakan kesukaannya Makanan dari Italia ini juga sudah mulai terasa umum dan banyak disajikan di berbagai restoran yang bukan khusus menyajikan masakan Italia sekali pun. Apakah Anda juga merupakan salah satu pecinta lasagna ? Di dalam lasagna biasanya berisi daging, keju, sosis, sayuran, mozzarella, makanan laut dan lain sebagainya. Anda bisa menambahkan isian yang berdasarkan kepada kesukaan Anda saat hendak membuat atau memesan lasagna. Makanan italia terkenal karena sausnya yang khas, begitu juga pada lasagna yang dibuat dengan menggunakan saus spesial untuk membuat rasanya menjadi lebih lezat.

  1. Ayam Parmigiana

Jika Anda ingin merasakan makanan italia yang cocok disantap pada saat siang atau malam hari maka Anda bisa mencoba ayam parmigiana yang tampilan dan rasanya mirip dengan chicken cordon bleu. Biasanya ayam parmigiana adalah masakan ayam yang digoreng dengan menggunakan saus, keju dan disajikan bersamaan dengan spaghetti. Perbedaannya dengan chicken cordon bleu ada pada letak kejunya, jika cordon bleu memang di bagian dalamnya yang terdapat kejunya sedangkan pada ayam parmigiana ini kejunya diletakkan di bagian atas ayam pada saat dihidangkan. Saus yang digunakan pada masakan ayam parmigiana ini adalah saus yang terbuat dari tomat pilihan yang sangat lezat.

  1. Fettucini Alfredo

Sebelumnya sudah disebutkan sekilas tentang fettucini yang merupakan salah satu jenis pasta dari Italia yang banyak dijual di berbagai gerai makanan di dunia. Biasanya fettucini adalah pasta yang disajikan dengan menggunakan saus krim sehingga kebanyakan warnanya putih sedangkan spaghetti lebih banyak disajikan dengan menggunakan saus tomat berwarna merah di atasnya. Ciri khas dari makanan italia ini adalah pastanya yang ukurannya lebih lebar daripada spaghetti sehingga tentunya Anda bisa dengan mudah membedakannya. Makanan Italia ini mulai dibuat pada tahun 1920an oleh seorang koki bernama Alfredo yang kemudian menamai ferttucininya dengan namanya.