Rekomendasi Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

kuliner khas surabaya

Berbicara tentang kuliner khas nusantara memang tak akan ada habisnya. Kuliner khas Surabaya salah satu yang wajib Anda coba. Dengan cita rasa khas, dijamin kuliner khas Jawa Timur akan membuat Anda ketagihan. Yuk, intip dan cicipi beberapa rekomendasi kuliner khas Surabaya terbaik berikut:

Apa Saja Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Dicoba?

Sate Klopo

Seperti sate-sate pada umumnya, sate klopo juga terbuat dari daging dan bukan kelapa yang dibikin sate. Pebedaanya, Sate Klopo mencampurkan jeroan dan lemak sapi. Selain itu, sate ini dilumuri parutan kelapa terlebih dulu sebelum dibakar.

Anda bisa menemukan banyak penjaja Sate Klopo di Surabaya, namun salah satu yang paling terkenal yaitu warung Sate Klopo Ondomohen Bu Asih yang ada di Jalan Walikota Mustajab no 36, Surabaya. Untuk mencicipi sate ini Anda harus sedikit bersabar. Karena walaupun terlihat sederhana, warung sate klopo yang satu ini tidak pernah sepi pelanggan.

Nasi Krawu

Sayang banget jika datang ke Surabaya tanpa menjajal makanan khas yang bernama Nasi Krawu ini. Asalnya dari Gresik, Nasi Krawu adalah perpaduan antara nasi putih yang pulen dengan semur daging, jeroan sapi, serundeng, ditambah sambal terasi.

Nasi Krawu pas jika disantap ketika sarapan. Nasi putih yang hangat berpadu aneka lauk berbumbu gurih tentu akan memuaskan lidah dan perut Anda. Jangan ragu untuk berkeliling kota Surabaya sambil berburu kuliner yang satu ini.

Tahu Tek

Kuliner khas Surabaya yang satu ini isinya tahu goreng, lontong, dan kentang yang digunting di atasnya. Bahan-bahan yang digunting dengan pisau merupakan keunikan dari kuliner ini. Sesudah itu ditambahkan kecambah dan taburan seledri serta disiram petis di atasnya.

Bebek Tugu Pahlawan

Anda orang Suroboyo asli pasti sudah kenal tempat ini. Lokasinya ada tepat di seberang Tugu Pahlawan dan hanya berupa warung tenda saja. Walaupun sederhana, warung yang buka sejak jam 6 sore ini selalu ramai pengunjung.

Seringkali para pengunjung atau pembeli harus rela mengantri untuk memperoleh seporsi nasi bebek hangat dengan sambalnya yang mantap ditambahkan dengan kerupuk juga sebagai pelengkapnya.

Lontong Balap

Lontong balap boleh dibilang menjadi kuliner khas kota Surabaya. Dinamakan lontong balap sebab dulu penjualnya menggunakan pikulan untuk menjajakan dagangannya. Karena berat, si penjual akan berjalan dengan tergesa-gesa maka seolah-olah seperti sedang balapan.

Terdiri dari potongan lontong, tahu goreng, lentho plus taoge yang melimpah lalu disiram kuah, kuliner ini dijamin sangat nikmat untuk disantap.

Rujak Cingur

Selanjutnya, kuliner khas Surabaya yang sudah terkenal banget yaitu Rujak Cingur. Terdiri dari potongan cingur atau bagian dari mulut sapi lalu dicampur sayur rebus serta irisan lontong dan disiram dengan bumbu kacang yang menggugah selera, dijamin semakin ngiler.

Pecel Semanggi

Kuliner khas Surabaya yang satu ini tidak boleh dilewati dan harus Anda coba jika datang ke Surabaya. Pecel Semanggi terdiri dari daun semanggi, tauge, serta daun pepaya yang disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan disajikan di atas daun pisang. Juga ada tambahan kerupuk uli yang siap menemani hidangan pecel.

Sego Sambel

Berkunjung ke Kota Surabaya rasanya kurang lengkap jika belum mencoba makanan kuliner khas Surabaya bernama sego sambal. Sesuai dengan namanya yakni sego sambel yang artinya nasi sambal, adalah makanan bercita rasa pedas yang terdiri dari nasi hangat, tempe goreng dan tahu, ayam goreng suwir, ikan, telur orak-arik, lalu disiram sambal pedas.

Secara tampilan, kuliner ini mirip dengan nasi campur. Sego Sambal dapat dengan mudah Anda temukan di pedagang kaki lima juga restoran.

Bebek Goreng Sinjay

Untuk pecinta bebek, Anda juga wajib mencicipi Bebek Goreng Sinjay yang telah terkenal di Surabaya. Di tempat ini, Anda bisa menikmati sepotong bebek goreng berukuran besar yang garis dan krispi, tapi dagingnya tetap lembut.

Sekarang ini, Bebek Goreng Sinjay sudah membuka sejumlah cabang di Surabaya. Maka, Anda tidak perlu khawatir tidak kebagian nasi bebek gorengnya yang lezat.

Demikian kuliner khas Surabaya Jawa Timur yang wajib Anda coba dan pasti akan ketagihan hingga tak terlupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *